13 April 2022 08:16:40

Warga di Kecamatan Pemekaran Sudah Bisa Urus NIB

PEKANBARU - Warga khususnya pelaku usaha yang berdomisili di sejumlah kecamatan pemekaran, saat ini telah bisa mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB).

Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Pekanbaru F Rudi Misdian menyebutkan, pengurusan NIB sudah bisa diproses seiring keluarnya kodefikasi wilayah kecamatan pemekaran dan telah terkoneksi dengan Online Single Submission (OSS).

"Alhamdulillah, sebenarnya seminggu kemarin itu sudah bisa untuk data-data yang ada di OSS terkait dengan kecamatan yang dimekarkan," ucapnya, Jumat (8/4).

Namun sebelum pengurusan NIB, kata Rudi, warga mesti mengganti Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang disesuaikan dengan wilayah kecamatan pemekaran.

"Ya (harus diganti), kan dari Dukcapil nya memang diarahkan (ganti KTP) seperti itu. Kemarin ada arahan untuk diupgrade dulu, dan memang kemarin ada arahan untuk diangsur dulu," ujarnya.

Yang jelas, lanjut Rudi, saat ini pelaku usaha yang berada di kecamatan pemekaran sudah bisa mendaftar NIB melalui OSS. "Saat ini sudah bisa. Kemarin sudah dicoba," tutupnya.

Seperti diketahui, ada 4 kecamatan yang dimekarkan Pemko Pekanbaru di akhir 2020 lalu. Keempat kecamatan tersebut di antaranya Kecamatan Tampan, Tenayan Raya, Rumbai dan Rumbai Pesisir.

Untuk Tampan dimekarkan menjadi dua kecamatan yakni Kecamatan Binawidya dan Tuah Madani. Nama Tampan sendiri tidak digunakan karena ada kesamaan nama dengan salah satu kelurahan di Kecamatan Payung Sekaki.

Kemudian Tenayan Raya juga dimekarkan menjadi dua kecamatan. Satu kecamatan baru diberi nama Kecamatan Kulim. Sementara Rumbai dan Rumbai Pesisir dimekarkan menjadi tiga kecamatan masing-masing Kecamatan Rumbai, Rumbai Barat dan Rumbai Timur.


sumber : https://www.pekanbaru.go.id/p/news/warga-di-kecamatan-pemekaran-sudah-bisa-urus-nib

Share

Komentar

PPKM Level 1, MPP Pekanbaru Tetap Terapkan Prokes Covid-19

PEKANBARU - Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru tetap terapkan standar protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 bagi masyarakat yang akses layanan tatap muka. Standar Prokes yang diterapkan mengikuti kebijakan PPKM Level 1 yang tengah berlangsung di Kota Pekanbaru.Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan

Read More