IZIN OPERASIONAL PUSKESMAS


DASAR HUKUM :

  1. Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  3. Permenkes RI Nomor 028/Menkes/PER/I/2011 tentang Klinik;
  4. Peraturan MENPAN dan RB No 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan;
  5. Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Pekanbaru;
  6. Peraturan Wali kota Pekanbaru Nomor 118 Tahun 2017 tentang Pendelegasian Wewenang Perizinan dan Non Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;
  7. Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 260 Tahun 2017 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru.

PERSYARATAN PELAYAN :  

  1. Surat Permohonan
  2. Fotocopy KTP Pimpinan Puskesmas
  3. Pas Photo pimpinan 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  4. Denah lokasi dan denah bangunan
  5. Fotocopy sertifikat tanah atau bukti lain kepemilikan tanah yang sah
  6. Fotocopy izin mendirikan bangunan (IMB)
  7. Dokumen pengelolaan lingkungan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan
  8. Surat keputusan dari Walikota terkait kategori puskesmas
  9. Studi kelayakan untuk puskesmas yang baru akan didirikan atau dikembangkan
  10. Profil puskesmas
  11. Daftar tenaga di puskesmas :
    1. SIP Dokter
    2. SIPA Apoteker
    3. SIK Perawat/ Bidan
    4. SIPTTK (Surat Izin Praktik Tenaga Teknis Kefarmasian)
    5. SIPATLM (Surat Izin Praktek Ahli Teknologi Laboratorium Medik)
    6. SIKTGz (Surat Izin Kerja Tenaga Gizi)
    7. SIKPG (Surat Izin Kerja Perawat Gigi)
    8. Surat Izin Kerja Tenaga Sanitarian
  12. Struktur Organisasi Puskesmas
  13. Surat pernyataan pimpinan puskesmas (materai 6000)
  14. Rekomendasi dari Dinas Kesehatan
(jika ada perubahan/perbedaan/ketidaksesuaian, maka mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku) 

BIAYA/TARIF :

Pelayanan ini tidak berbiaya (GRATIS)


JANGKA WAKTU PENYELESAIAN :

5 hari kerja (dengan persyaratan lengkap dan benar)