IZIN OPERASIONAL RUMAH SAKIT STANDAR PELAYANAN


DASAR HUKUM :

  1. Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik;
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 26 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Kesehatan;
  5. Peraturan MENPAN dan RB No 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan;
  6. Peraturan Daerah Kota Pekanbaru No. 8 Tahun 2012 tentang Izin Retribusi Izin Operasional Rumah Sakit;
  7. Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Pekanbaru;
  8. Peraturan Wali kota Pekanbaru Nomor 118 Tahun 2017 tentang Pendelegasian Wewenang Perizinan dan Non Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;
  9. Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 260 Tahun 2017 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru.

PERSYARATAN PELAYAN :  

  1. Profil Rumah Sakit paling sedikit meliputi visi dan misi, lingkup kegiatan, rencana strategi, dan struktur organisasi;
  2. Isian instrumen self assessment sesuai klasifikasi Rumah Sakit yang meliputi pelayanan, sumber daya manusia, peralatan, bangunan dan prasarana, dan administrasi manajemen;
  3. Surat keterangan atau sertifikat izin kelayakan atau pemanfaatan dan kalibrasi alat kesehatan;
  4. Fotocopy KTP Direktur/ pemilik
  5. Fotocopy Nomor Induk Berusaha (NIB)
  6. Pas photo pemilik dan direktur ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  7. Denah lokasi dan denah bangunan
  8. Izin mendirikan rumah sakit :
    • Diatas tahun 2010 IMRS
    • Dibawah tahun 2010 IMB
  9. Rekomendasi dari Dinas Perhubungan (Andalalin)
  10. Rekomendasi dari Dinas Lingungan Hidup
  11. Rekomendasi dari Dinas Kesehatan
  12. Gambar desain (blue print) dan photo bangunan serta sarana dan prasarana pendukung
  13. Dokumen pengelolaan lingkungan :
    • UKL/ UPL
    • MoU Sampah medis dengan pihak ketiga
  14. Daftar SDM
  15. Daftar peralatan medis dan non medis
  16. Daftar sediaan farmasi dan alkes
  17. Berita acara uji fungsi peralatan kesehatan disertai kelengkapan berkas izin pemanfaatan
  18. Dokumentasi administrasi dan manajemen :
    • Akta badan hukum RS
    • Hospital bylaws/ peratural internal RS
    • Komite medik
    • Komite keperawatan
    • Satuan pemeriksaan internal
    • Surat Izin Praktek Dokter
    • Surat Izin Kerja untuk tenaga kerja keseluruhan lainnya
    • SOP RS
    • Surat penugasan klinik staf medis
    • Surat keterangan/ sertifikat hasil uji kalibrasi alat kesehatan
  19. Denah IPAL limbah
  20. Berita acara pemeriksaan dari Dinas Kesehatan
  21. Sertifikat akreditasi (untuk perpanjangan izin operasional Rumah Sakit);
  22. Batas paling sedikit pemenuhan jumlah tempat tidur untuk Rumah Sakit penanaman modal asing sesuai dengan kesepakatan atau kerja sama internasional
(jika ada perubahan/perbedaan/ketidaksesuaian, maka mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku) 

BIAYA/TARIF :

Pelayanan ini tidak berbiaya (GRATIS)


JANGKA WAKTU PENYELESAIAN :

10 hari kerja (dengan persyaratan lengkap dan benar)