IZIN TOKO OBAT


DASAR HUKUM :

  1. Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-Undang No. 5 tahun 1997 tentang Psikotropika;
  3. Undang-Undang No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika;
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  5. Peraturan Pemerintah No. 72 tahun 1998 tentang Pengamanan Sediaan Farmasi dan Alat Kesehatan;
  6. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik;
  7. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 26 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Kesehatan;
  8. Peraturan MENPAN dan RB No 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan;
  9. PERMENKES No. 889/Menkes/Per/V/2011 tentang registrasi, izin praktik dan izin kerja tenaga kefarmasian;
  10. KEPMENKES No. 1331/Menkes/SK/X/2002 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 167/KAB/B.VIII/1972 tentang Pedagang Eceran Obat;
  11. Kepmenkes nomor 679/2003/tgl 13 Mei 2003 tentang Registrasi dan Izin Kerja Asisten Apoteker;
  12. Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Pekanbaru;
  13. Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 260 Tahun 2017 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu;
  14. Peraturan Wali kota Pekanbaru Nomor 118 Tahun 2017 tentang Pendelegasian Wewenang Perizinan dan Non Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

PERSYARATAN PELAYAN :  

  1. Surat Permohonan
  2. Memiliki asisten apoteker dengan melampirkan : Fotocopy KTP, Ijazah, STRTTK (surat tanda registrasi tenaga teknis kefarmasian) dan surat izin kerja asisten apoteker dilegalisir.
  3. Foto copy KTP Pemilik
  4. Nomor Induk Berusaha (NIB)
  5. Pas foto Pemilik dan Asisten Apoteker 3x4 sebanyak 3 lembar
  6. Surat pernyataan asisten apoteker sebagai penanggungjawab di toko (materai 6000)
  7. Denah lokasi dan denah bangunan
  8. Daftar obat-obatan/ kosmetik yang dijual
  9. Fotocopy sertifikat tanah/ perjanjian sewa menyewa bangunan bagi yang bukan milik sendiri
  10. Rekomendasi dari organisasi profesi
  11. Rekomendasi dari Dinas Kesehatan
(jika ada perubahan/perbedaan/ketidaksesuaian, maka mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku) 

BIAYA/TARIF :

Pelayanan ini tidak berbiaya (GRATIS)


JANGKA WAKTU PENYELESAIAN :

6 hari kerja (dengan persyaratan lengkap dan benar)