04 November 2020 15:32:37

DPMPTSP Pekanbaru Lakukan Promosi UMKM Masyarakat Melalui Akun Medsos DPMPTSP

PEKANBARU - Dinas Penanaman Modal dan Pelayan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru melakukan promosi Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) milik masyarakat melalui akun Media Sosial (Medsos). 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal Dessy Triana, SE, M. Si didampingi Kepala Seksi Perencanaan Penanaman Modal Muhammad Ridwan, S. Sos saat diwawancarai secara langsung diruang kerjanya lantai 2 DPM-PTSP Pekanbaru, Rabu (21/10/2020).

Adapun akun media sosial yang digunakan untuk mempromosikan usaha masyarakat yaitu, youtube (DPMPTSP Pekanbaru), instagram (dpmptsp_pekanbaru), facebook (Dpmptsp Pekanbaru) serta website (www.dpmptsp.pekanbaru.go.id/)


"Sementara whatsapp, twitter, telegram dan medsos lainnya belum kami gunakan karena belum familiar ditengah masyarakat apalagi kalau digunakan untuk mempromosikan produk", jelas Ridwan. 

Program promosi UMKM bernama Geliat UMKM dan Galeri UMKM yang sudah berjalan dari bulan Juni tahun 2020 hingga sekarang. Geliat UMKM merupakan video yang menampilkan penjelasan produk oleh pemilik UMKM yang dipromosikan berdurasi 3 hingga 5 menit. Sedangkan Galeri UMKM menampilkan foto pemilik UMKM, beberapa foto produk disertakan dengan narasi berupa keterangan produk, medsos produk, hingga alamat UMKM.

Dessy menjelaskan, dalam satu bulan terdapat 4 UMKM yang di promosikan baik dari Geliat UMKM ataupun Galeri UMKM. Jenisnya beragam, mulai dari kuliner, pakaian dan kerajinan.

Teknis pelaksanaannya, DPMPTSP Pekanbaru melakukan konfirmasi langsung kepada pemilik UMKM melalui via telepon. Setelah pemilik UMKM bersedia diwawancarai dan  diliput barulah produk dipromosikan di medsos. Namun tidak sedikit pula yang meminta DPMPTSP melakukan promosi, terlihat dari komentar instagram dan facebook DPMPTSP Pekanbaru. 


"Jadi prosedurnya begini, kami yang menanyakan langsung kepada pemilik UMKM apakah bersedia produknya kami promosikan. Setelah bersedia barulah tim turun kelapangan untuk melakukan liputan dan wawancara langsung. Nah ini tentunya hanya berlaku bagi UMKM yang sudah memiliki izin karena dari situlah datanya bisa kami dapatkan", jelas Dessy lagi. 

Kegiatan promosi merupakan upaya DPMPTSP Pekanbaru melayani dan membantu masyarakat mempromosikan UMKM yang sudah memiliki izin. 

"Istilah nya jemput bola. Masyarakat sudah mengurus izin usaha di DPMPTSP dan selanjutnya kami membantu masyarakat mempromosikan usaha tersebut. Meskipun naungan UMKM sebenarnya adalah koperasi", ujar Dessy. 

Disisi lain DPMPTSP Pekanbaru juga memberikan saran kepada pemilik UMKM agar lebih giat lagi mempromosikan produk nya secara pribadi, meningkatkan kualitas produk seperti membuat packaging (pengemasan) yang menarik dan lain sebagainya. 

"Kita berharap agar masyarakat pemilik UMKM dapat berkreasi dan berinovasi menjadikan usahanya menarik, memiliki nilai jual dan tetap bertahan dipasarnya", harap Ridwan. (slm)

Share

Komentar

Kunjungan MPP Masih Berkisar 400 Orang Dalam Sehari

PEKANBARU -- Jumlah kunjungan masyarakat ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru saat ini mencapai 400 orang dalam satu hari. Mereka mengakses layanan secara tatap muka di MPP Pekanbaru. 

Read More

Meningkat 285 Persen, Realisasi Investasi Capai Rp3,594 Triliun

PEKANBARU -- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru mencatat, realisasi investasi terhitung Januari hingga akhir September 2020 sudah mencapai angka Rp3,594 triliun.

Read More

GELIAT UMKM Eps#12 Alula Handycraft

PEKANBARU- Geliat UMKM merupakan sebuah program media sosial dari DPMPTSP yang bertujuan untuk mengenal lebih dekat dan mempromosikan UMKM yang berada di kota pekanbaru. Edisi kali ini geliat umkm pekanbaru berkunjung ke salah satu UMKM kerajinan yaitu Alula Handycraft. Alula Handycraft merupakan

Read More